Tips membeli PS3

  1. Untuk saat ini hampir semua PS3 SLIM yang dapat di install CFW bisa dipastikan adalah barang refurbish karena seri terakhir PS3 yang dapat di install CFW 3.55 adalah seri PS3 SLIM CECH-25xxA/B keluaranseptember 2010, kalaupun ada, PS3 ORI dengan CFW amatlah langka dan harganya-pun sangat tinggi, hati-hati dengan PS3 seri CECH-25xxA/B terbitan Januari 2011 karena firmware bawaan mesin sudah 3.56 (perlu metode khusus untuk di install CFW pada PS3 tersebut)
  2. PS3 FAT sudah tidak pernah di produksi oleh SONY semenjak APRIL 2009, sehingga dapat dipastikan semua PS3 FAT yang beredar saat ini adalah barang Refurbish maupun Rekondisi

TIPS bagi yang ingin membeli konsol PS3 CFW.

  1. Lebih baik beli SECOND Tapi ORI ketimbang “Brand New” tapi Refurbish, karena tidak ada yang tahu daleman PS3 tersebut sudah pernah mengalami kerusakan apa saja.
  2. Teliti sebelum membeli, barang sebaiknya TEST DI TEMPAT sampai benar-benar terjamin tidak ada fitur maupun fungsi dari konsol PS3 yang bermasalah, fitur-fitur tersebut antara lain :
a. USB Port.
b. I/O Port yang terdiri dari HDMI, Sony A/V Port, Optical Audio Port, dan LAN port.
c. BD Drive yang masih bisa membaca CD, DVD, dan BD secara sempurna.
d. Controller (stick)
e. Accessories penjualan (Buku manual, warranty card, kabel A/V, dan kabel power)
  1. Pastikan barang tersebut di beli di tempat yang memberikan garansi dan layanan purna jual yang baik.

Bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan para pedagang/toko manapun atau “Rekan Se-Profesi” karena gue sendiri juga penjual PS3 koq , tetapi untuk para calon buyer PS3, ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli PS3 dengan label “Refurbish” (apalagi jika berbelanja di toko/lapak dengan embel-embel “Refurbish Asli Sony dari Jepang” ) antara lain :

  1. Refurbish Asli Sony semuanya menggunakan box putih bertuliskan “Factory Recertified”, biasanya itu adalah barang cacat produksi yang dikembalikan oleh distributor kepada produsen, diperbaiki oleh Pabrik berlisensi langsung dari Sony, dan dijual kembali dengan label Factory Recertified, sebagaimana gambar dibawah ini.

  1. Di Indonesia sendiri Sony Computer Entertainment tidak pernah melakukan refurbish terhadap PS3 seri apapun (baik FAT, SLIM, maupun SUPERSLIM) sehingga semua toko yang mengklaim “Refurbish Sony” tetapi menggunakan kotak retail PS3 (bukan kotak putih sebagaimana gambar diatas) sudah pasti rekondisi toko yang kita tidak tahu seperti apa “dalemannya” atau “masa lalu” PS3 tersebut sebelum dijual dalam keadaan rekondisi tersebut, kalau memang ada yang menjual dengan Box sebagaimana gambar diatas otomatis itu PS3 didatangkan dari luar negeri dan harga jualnya-pun sangat tinggi / mahal, hampir sama dengan PS3 “Original” yang bisa di install CFW tapi stock lama.
  • Klaim “Barang EX/Bekas JEPANG” tidak menjadi jaminan kalau barang tersebut memiliki kualitas yang bagus, karena biar barang itu Ex Jepang tetap saja mengalami proses re-kondisi toko di Indonesia sebelum di jual kembali.

  • Hati-hati dengan barang “Ex YLOD” yang juga di klaim sebagai barang “refurbish” khususnya PS3 FAT yang dijual kembali oleh toko setelah melewati masa perbaikan berupa re-heat atau re-flow, karena reheating atau reflowing tidak pernah bertahan lama (yang beruntung mungkin bisa awet sampai 6 bulan sampai 1 tahun, tapi tidak jarang PS3 YLOD kambuh lagi setelah 1 minggu pemakaian normal)

  • Ciri-ciri barang rusak yang di-perbaiki ala kadarnya dan di jual kembali dengan label “Refurbish” (kadang pake embel-embel “ASLI SONY” atau “EX JEPANG”) antara lain :

  • 5.a Cassing ditempeli plastik bening (PS3 ORI tidak pernah ditempeli plastik pada cassingnya)
    5.b Harga yang amat murah (1 s/d 1,6 Juta Rupiah)
    5.c Kebanyakan adalah PS3 FAT generasi awal (CECHA-xx s/d CECHE-xx) atau PS3 Slim seri CECH 20xxA/B

    Be A Smart Buyer

    Source: kaskus